Ada kesalahan di dalam gadget ini

Laman

Amazon SearchBox

Rabu, 09 Maret 2011

Ceramah Agama 'Bulan Suci Ramadhan'

Bismilahhirahmannirrahim…
Alhamdulillah wassolatu wasalamu ala asrafi anbiyai walmursyalin wa’ala alihi wasabbihi ajmain a’ma badu.

Puji syukur kita panjatkan kepada Allah SWT yang  telah mempertemukan kita semua pada pagi hari ini. Dan pada pagi hari ini kita akan membahas sedikit tentang “ Bulan Suci Ramadhan “.

Apa kalian tau yang di maksud dengan Bulan Ramadhan ?.

Bulan Ramadhan adalah bulan bertuah, bulan ibadah, bulan mujahadah, bulan rohmah, bulan maghfiroh, bulan al-Qur’an dan bulan Lailatul Qodr. Mari kita manfaat bulan suci yang hanya terjadi setahun sekali ini dengan banyak beribadah, memberi nasehat dan saling mema’afkan. Dan barang siapa yang menyia-nyiakan bulan yang suci ini orang itu termasuk orang yang merugi.

Keutamaan Bulan Ramadhan
Bulan Ramadhan memiliki keutamaannya yaitu:

1.    Allah mengampuni hamba-hambanya yang telah siap hatinya untuk berpuasa.
2.    Bau mulutnya sama dengan minyak kesturi.
3.    Para malaikat di perintah oleh Allah untuk beristigfar untuk orang yang berpuasa.
4.    Surga telah siap untuk di huni oleh orang-orang yang berpuasa.
5.    Allah telah menyiapkan malam Lailatul Qodar.

Bulan Ramadhan merupakan bulan pembakaran untuk dosa-dosa yang telah ada didalam diri manusia. Allah akan melipat gandakan pahala bagi orang yang berpuasa dan beramal soleh.

Keistimewaan Orang yang Berpuasa

Rasulullah Saw. bersabda:

“Sesungguhnya di dalam surga terdapat satu pintu yang dinamakan pintu ‘al-Rayyan’ yang hanya dimasuki oleh orang-orang yang berpuasa. Ditanyakan (oleh pintu tersebut): ‘Di manakah orang-orang yang berpuasa?’ Maka mereka pun masuk dari pintu tersebut. Setelah semua orang yang berpuasa memasukinya, pintu itu pun ditutup dan tak akan ada lagi yang masuk melaluinya.”
(HR. Muslim, dari Sahl Ibn Sa’d).

Dalam hadis tersebut Rasulullah menerangkan keutamaan puasa dan kedudukan orang-orang yang berpuasa di sisi Allah. Atas keikhlasan dan kesabaran mereka dalam menjalankan ibadah puasa dengan menahan lapar dan dahaga, mengendalikan hawa nafsu dengan sekuat tenaga, maka Allah mengistimewakan mereka dengan memasukkan mereka ke dalam surga melalui pintu khusus yang bernama “Al-Rayyan”. Kata ini berasal dari bentuk infinitif al-ray yang berarti pengairan, segar, dan juga pemandangan yang indah. Nama ini sesuai dengan keadaan orang-orang puasa yang menahan dirinya dari makan dan minum. Dan dahaga inilah yang lebih dominan dirasakan oleh orang yang sedang berpuasa dibanding rasa lapar.
Benar, surga mempunyai banyak pintu, di antaranya pintu bagi orang-orang yang taat menjalankan salat, pintu bagi orang-orang yang giat berjihad, pintu bagi orang-orang yang ikhlas berpuasa-yaitu al-Rayyan sebagaimana telah kita bicarakan, dan di antaranya ada pintu khusus bagi orang-orang yang suka bersedekah.
Dari Abi Hurairah ra., Rasulullah saw. bersabda:

“Barang siapa memberi nafkah isterinya di jalan Allah, maka akan dipanggil dari pintu surga, ‘Wahai Hamba Allah! Ini adalah pintu kebaikan.’ Barangsiapa termasuk ahli salat, maka akan dipanggil dari pintu al-Shalah. Barangsiapa termasuk ahli jihad, maka akan dipanggil dari pintu al-Jihad. Barangsiapa termasuk ahli puasa, maka akan dipanggil dari pintu al-Rayyan. Dan barang siapa termasuk ahli sedekah, maka akan dipanggil dari pintu al-Shadaqah. Abu Bakar lantas berkata, ‘Demi engkau dan ibuku (ummul mukminin), ya, Rasulullah! Apakah seseorang harus dipanggil dari pintu-pintu itu, dan adakah seseorang yang dipanggil dari pintu-pintu itu seluruhnya?’ Rasulullah menjawab, ‘Iya. Dan aku berharap semoga engkau termasuk dari mereka.”
(HR. al-Bukhari).

Ramadhan Membentuk Ahlakul Khorimah..

         Ahlakul khorimah membentuk pola hidup yang benar dan perilaku yang baik, Seperti :

a.    Dengan adanya bulan Ramadhan kita harus lebih disiplin dalam beribadah dan dalam menjalani pola hidup.
b.    Mengajarkan memiliki sikap sabar dalam menjalani segala hal.
c.    Dengan adannya bulan Ramadhan kita dapat belajar peduli hidup bersama.
d.    Dengan adanya bulan Ramadhan juga kita bias membentuk sikap yang jujur.

    Akhlak Nabi Muhammad adalah Al-Qur’an. Ramadhan adalah amalan ibadah yang abstrak karena tidak terlihat secara jelas apakah seorang muslim itu berpuasa? Tetapi hanya Allah dan pribadinya sendiri yang dapat mengetahui puasa atau tidaknya oleh Allah yang Maha mengetahui segala hal.

Ramadhan Bulan Toleransi

         Manusia yang paling mulia adalah manusia yang mencintai bawahannya. Habluminanas lebih baik karena kita lebih baik karena kita lebih toleransi pada manusia lainnya sehingga menciptakan suasana tentram dan damai. Toleransi pada saaat bulan puasa merupakan amalan ibadah yang mulia dan allah akan melipatgandakan pahalanya.
         Manusia akan binasa kecuali orang tersebut selalu:
-       Habluminalloh
-       Habluminanas
-       Dan kesemua makhluk ciptaan alloh.

Romadhon Bulan Penuh Ampunan

         Barang siapa yang berpuasa dibulan Ramadhan karena iman kepada alloh, maka alloh akan menurunkan Magfiroh. Dengan tobat nasuha juga alloh akan mengampuni dosa-dosa baik yang kecil maupun yang besar. Alloh juga akan memberikan ampunan nya kepada orang yang berpuasa dengan menahan emosi tidak hanya menahan haus dan lapar saja.
         Romadhon itu bukan hanya tempat proses pengampunan tetapi juga tempat pembersihan cara-cara beristigfar:
1.    Selalu intofeksi diri sendiri
2.    Memperbanyak istigfar
3.    Dengan istilal yaitu penghalalan makanan yang kita makan dan rezeki yang di peroleh.
4.    Meminta maaf (istigro)
5.    Meminta do’a kepada fakir miskin dan anak yatim piatu.

Dan begitulah yang saya sampaikan tentang Bulan Suci Ramadhan pada pagi hari ini. Mohon maaf bila ada perkataan yang salah atau semacamnya.

Terimakasih,
Wabillahi taufik wallhidayah wassalamual’aikum Wr. Wb.

1 komentar:

  1. Assalamualaikum. saya ijin copas untuk lomba ceramah ya.. Barokallohu fiik.

    BalasHapus